Infused Water / Spa Water Untuk Kesehatan


Buat Anda yang baru mengenal Infused water/spa water, untuk diketahui bahwa akhir-akhir ini telah menjadi   tren dalam mengkonsumsi air dengan potongan buah. Di Indonesia mulai dikenal dengan istilah “air infus”.

Dari sisi kandungan gizi, tidak ada perbedaan layaknya memakan buah dan meminum air putih seperti biasa. Syaratnya, tidak diberi campuran lain yang mudah larut di air seperti gula atau sirop. Karena proses penyerapan sari buah paling sempurna justru terjadi di dalam tubuh.

Dengan memasukkan buah/herbal/rempah kedalam mineral water maka akan mengeluarkan aroma dan rasa ke dalam air tersebut. Infused water adalah alternatif utk minum air murni, selain tentunya ada khasiatnya.misal : lemon infused water menghilangkan racun didalam tubuh/detoxification apabila diminum secara teratur.


Cara membuat :
  1. Cuci bersih buah-buahan. Potong menjadi dua bagian atau menjadi bagian kecil-kecil.
  2. Masukkan ke dalam gelas atau tempat minum
  3. Tambahkan air kurang lebih 500 ml.
  4. Tutup tempat minum dan masukkan ke dalam kulkas. Diamkan minimal 4 jam.
  5. Lalu setelah 4 jam atau lebih, bisa langsung diminum
  6. Jika habis airnya boleh diisi ulang lagi dengan buah yang sama, tapi jika sudah lebih dari 48 jam buahnya sebaiknya diganti dengan yang baru.


Berikut adalah contoh manfaat infused water berdasarkan kombinasi aneka buah yang digunakan:

1. Stroberi dan kiwi
Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.

2. Teh hijau + daun mint + jeruk nipis
Bermanfaat untuk pembakaran lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga kesehatan pernapasan.

3. Timun + jeruk nipis + lemon
Bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.

4. Lemon, jeruk nipis
Manfaatnya sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Hal-hal yang perlu diingat:
  1. Cuci bersih buahnya sebelum membuat air infus. Karena kita tidak pernah tahu bahan kimia atau kotoran apa yang ada pada buah.
  2. Buah yang dipakai untuk infused water sebaiknya adalah buah kategori Acid dan bukan manis. buah asem-asem gitu kayak strawberry,kiwi, lemon, jeruk, mangga, nanas, apel atau bluberry gitu, jangan pake pisang, alpukat atau buah yang sangat manis lainnya.
  3. Infused water ini bertahan 3-5 hari dalam kulkas,tergantung pakai buah apa
  4. Sebaiknya buah dibuang pasca dipakai, bukan dimakan, akibat oksidasi dan proses pembusukan.
  5. Hati-hati terhadap buah impor, Karena ada kemungkinan menggunakan zat pengawet. Sebaiknya gunakan buah lokal dan masih segar.


Sumber:
http://www.tempo.co
http://www.kaskus.co.id
http://nimasnimong.blogspot.com
http://www.pinterest.com


9 Tips Penggunaan AC Yang Perlu Kamu Ketahui

1.Suhu 26 ℃ dari AC adalah suhu yang paling tepat, nyaman dan tidak menyebabkan sakit. Meski tubuh manusia sendiri sudah bisa meny...